Langsung ke konten utama

5 Olahan Durian Yang Wajib Dicoba


Indonesia merupakan Negara pemilik jenis durian terbanyak di dunia. Hal ini karena terdapat puluhan jenis durian yang menyebar di seluruh Nusantara. Oleh karena melimpahnya buah durian di Indonesia, masyarakat Indonesia pun menciptakan aneka jenis panganan berbahan durian agar cara menikmati durian tidak monoton.
Berikut inspirasi hidangan dengan bahan dasar dari si buah berduri ini :

1. Pancake Durian
Pancake durian adalah makanan ringan berupa daging durian dan vla atau krim kocok yang dibalut dengan kulit crepes atau dadar gulung. Panganan ini pertama kali dipelopori oleh pedagang-pedagang kue rumahan di Kota Medan, dan lambat laun tersebar di kota-kota lain di Indonesia, seperti Jambi, Semarang, Jakarta, dan lain-lain.
Para pedagang pancake durian juga membuat banyak variasi rasa krim, selain variasi daging durian yang digunanamun sekarang ini banyak pula pedagang pancake yang memodifikasi krim kocok kan. Pada umumnya pancake durian menggunakan krim kocok polos berwarna putih, dengan bercita rasa lain seperti coklat, keju, dan lain-lain.

2. Es Krim Durian
Inspirasi olahan durian mampu dijadikan sebagai makanan penutup seperti es krim durian. Bahkan orang yang tidak suka buah durian akan ketagihan juga dengan eskrim yang satu ini karena memang es krim durian memiliki rasa yang enak, lembut dan menyegarkan.
Bahan pembuatan es krim durian ini mudah ditemui di pasaran dengan harga yang relatif murah. Beberapa diantaranya adalah gula, garam, santan, whipped cream, susu dan sebaginya. Es krim durian juga mampu dipadukan bersama roti tawar, puding dan makanan penutup lainnya.

3. Jus Durian
Buah durian juga mampu dikonsumsi dalam bentuk minuman yaitu Jus Durian. Jus durian mampu mendukung sistem pencernaan yang sehat termasuk bagian lambung. Cara pembuatannya sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama disbandingkan dengan olahan lainnya. Bahan yang dibutuhkan antara lain daging buah durian, susu kental manis dan es batu apabila ingin mengonsumsi dalam penyajian dingin. Pembuatan jus durian ini bisa dilakukan dengan bantuan blender agar jus yang dihasilkan lebih halus dan kental.

4. Lapis Kukus Durian
Kue lapis durian adalah makanan yang sedang tren saat ini. Kue ini biasanya terdiri dari dua warna atau lebih yang berlapis-lapis, sehingga disebut dengan kue lapis. Kue ini dibuat dari tepung beras, tepung tapioca, gula, garam santan dan daging buah durian tentunya. Kue ini dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Kue ini banyak ditemui menjadi oleh – oleh khas tiap daerah di Indonesia.

5. Ketan Durian
Buah durian juga kerap kali disebut sebagai rajanya buah-buahan (king of fruits). Maka bukan hal yang mengherankan jika harga dari durian cukup mahal. Tidak hanya dimakan secara langsung, buah durian juga sudah banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan. Salah satunya adalah ketan durian.
Ketan Durian adalah makanan jajanan Indonesia khas tempo dulu yang sekarang jarang dikenal oleh kaum generasi muda. Ketan Durian sangat digemari karena aroma  durian yang khas terdiri dari kuah aroma durian dan ketan punel beserta fla duriannya.

Demikian beberapa inspirasi olahan buah durian dan masih banyak lagi olahan buah durian yang bisa dikreasikan. Kegiatan pengolahan durian ini mampu menjadi alternatif makanan saat liburan, kumpul keluarga, menghemat biaya hingga mampu menjadi sarana usaha sendiri.
Pantau terus web kami miraclepark.id dan blog kami http://blog.miraclepark.id/
Jelajahi keajaiban zaitun bersama Miracle Park. Informasi lebih lanjut, silahkan klik link dibawah ini http://bit.ly/AdminMiraclepark

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Durian Bido Jombang, Si Tebal Manis yang Penuh Keunikan

Nama durian bido kini makin populer. Varietas yang dikembangkan oleh para petani di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, itu jadi buruan karena sejumlah kelebihan dan keunikannya. Padahal, dulu durian tersebut nyaris ”punah”. Kecamatan  Wonosalam, Kabupaten Jombang, begitu identik dengan durian. Bukan hanya karena ragam varietasnya, kecamatan yang terletak di lereng Gunung Anjasmoro itu juga punya sejumlah event bertema duren yang rutin digelar tiap tahun. Di antara beragam durian yang ada di sana, salah satu yang kini makin populer adalah jenis bido. Nama durian itu diambil dari nama lokal burung elang jawa. Varietas tersebut bisa ditemui di desa-desa yang ada di kecamatan itu. Durian bido memiliki ciri khas yang tidak dipunyai varietas lain. Ukurannya besar dan dagingnya tebal. Rata-rata berdiameter 15 hingga 25 cm. Beratnya bisa mencapai 3,5 kilogram. Meskipun rasa yang ditawarkan hampir sama dengan varietas lain, ada sejumlah sensasi lain yang hanya dimiliki jeni

5 Manfaat Kulit Durian yang Jarang diketahui

Dua bagian yang sering terabaikan pada durian ini bisa diolah lagi menjadi bahan-bahan multiguna yang ramah lingkungan. Durian adalah raja buah yang disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Aromanya yang sedap dan dagingnya yang enak membuat orang ketagihan memakannya. Namun sayangnya, banyak orang yang menikmati buah durian langsung membuang kulitnya. Alih-alih dibuang menjadi limbah, kulit dan biji durian ternyata bernilai tinggi dan kaya manfaat.Kandungan di dalam buah durian terdapat kandungan protein, air, serat, lemak dan energi sebanyak 520 kkal dalam 100 gram buahnya. Tak hanya itu saja, buah durian juga mengandung mineral dan vitamin. Salah satunya memiliki kandungan vitamin C yang begitu tinggi.Tak hanya buahnya, daun, biji, akar hingga kulitnya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Siapa sangka kulitnya yang keras dan berduri mengandung manfaat yang tinggi. Di dalam kulit durian memiliki kandungan lignin sebanyak 5%, selulose sebanyak 50 hing